en id

LAKUKAN SIMULASI AKHIR, ADI SOEMARMO DIPASTIKAN SIAP MENERIMA KEDATANGAN ATLET ASEAN PARA GAMES 2022

25 Jul 2022

kembali ke list


Boyolali ( 25/7) – Menjelang berlangsungnya Para Games XI di Kota Solo yang akan dilaksanakan pada 30 Juli sampai dengan 6 Agustus 2022, Bandara Adi Soemarmo turut menyiapkan layanan, baik dari sisi operasional, SDM, maupun fasilitas yang diperlukan untuk menyambut kedatangan Atlet Para Games.

Direncanakan 11 (sebelas) negara akan mengikuti Para Games XI di Kota Solo. Adapun Negara tersebut dari Indonesia, Laos, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam dengan total jumlah kontingen 1570 orang.

Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka, Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose, General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Adi Soemarmo meninjau kesiapan Bandara Internasional Adi Soemarmo dalam menyambut kedatangan atlet ASEAN Para Games 2022 dengan melakukan simulasi akhir bersama pada Senin (25/7/2022).

Aspek yang menjadi fokus simulasi merupakan alur kedatangan atlet mulai dari mendarat di Garbarata sampai dengan penjemputan atlet menuju hotel. Terdapat dua opsi alur kedatangan atlet berdasarkan alat bantu yang digunakan.
Kesiapan lain dari Bandara Adi Soemarmo dalam menyambut Atlet Para Games XI adalah dengan menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung yang akan dilewati oleh atlet dan official dari masing-masing negara.


“Demi kenyamanan atlet dan official yang akan melalui Bandara Adi Soemarmo, kami telah melakukan perbaikan terhadap fasilitas-fasilitas pendukung khususnya fasilitas yang ada pada terminal internasional”, jelas Yani Ajat Hermawan selaku General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo.


Adapun terkait pelaksanaan pelaksanaan protokol kesehatan dan kelengkapan dokumen keimigrasian, manajemen bandara telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait.
“Selain itu, kami juga telah menyiapkan Ramp Akses wheelchair di area Kedatangan dan Keberangkatan, Toilet Difabel yang berada di 10 titik, Special Needs Service Holding Room di Area Check-In, juga penyiapan marka untuk kendaraan difabel”, tambah Yani Ajat


Untuk jadwal kedatangan, kontingen mulai tiba di Bandara Adi Soemarmo mulai 26 Juli 2022. Untuk pendaratan pesawat, kami siapkan 3 (tiga) Parking Stand, yaitu di Parking Stand Nomor 4, 6, dan 8.