en id

Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Gelar Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee / ASC Meeting IV 2021

02 Dec 2021

kembali ke list


Boyolali (02/12) – PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Adi Soemarmo menggelar Airport Security Committee (ASC) Meeting ke empat di tahun 2021 dan Airport Emergency Committee Meeting tahun 2021 sebagai upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan di bandara.

Berdasarkan atas Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 211 Tahun 2020 tentang Program Kemanan Penerbangan Nasional (PKPN), ASC Meeting wajib diselenggarakan setiap tahunnya, yaitu selama 4 (empat) kali. Agenda ini merupakan kegiatan terpadu mengenai koordinasi dengan melibatkan pihak internal dan eksternal di lingkup kerja kebandarudaraan. Dengan tujuan untuk memastikan kesadaran seluruh entitas bandar udara terhadap kewaspadaan dan kesadaran penuh atas arti pentingnya langkah-langkah pengamanan dan keselamatan sesuai dengan program keamanan di bandar udara.

“Kami akan mendorong semua pihak untuk proaktif mengambil peran dalam menjaga keamanan penerbangan dengan menjadikan kemanan penerbangan sebagai nilai inti bagi seluruh stakeholder dan pengguna jasa penerbangan” jelas Yani Ajat Hermawan selaku General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Dalam kegiatan ini disampaikan sosialisasi dokumen Airport Emergency Plan (ACP) dan sosialisasi dokumen Airport Security Programme (ASP) Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. Dimana kedua dokumen tersebut merupakan dasar tertulis dalam pelaksanaan keamanan dan keselamatan di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo.

Yani Ajat juga menambahkan bahwa dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan terjalin komando, komunikasi dan koordinasi yang baik diantara para Stakeholder terkait dalam upaya pencegahan maupun tindakan mitigasi yang diperlukan untuk menghadapi ancaman keamanan dan keselamatan penerbangan.